Ajakan Gemar Makan Ikan Jadi Program DPR RI dan Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim

Anggota DPR RI Komisi IV, Farida Hidayati bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menggelar safari gemarikan (gemar makan ikan)Minggu, (23/02/2020)  . Agenda yang digelar di Pendopo Malowopati Bojonegoro ini dihadiri oleh para Ibu-Ibu PKK dari Kabupaten Bojonegoro.

Hadir pula Bupati Bojonegoro, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PKB, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dan PLT Dinas Peternakan Bojonegoro.

Anna Muawannah Bupati Bojonegoro,  menyampaikan, secara data bahwa Indonesia memiliki luas wilayah lautan yang lebih besar daripada daratan. Dengan potensi laut yang sangat luar biasa, baik transportasi maupun perdagangan.”Laut yang dimiliki Indonesia memiliki potensi di berbagai sektor. Ole karena itu kebijakan pemerintah yang sangat jitu maka mendorong Kementerian Kelautan maupun pihak yang terkait untuk tetap menjaga. Sekaligus mengalakkan gerakan ayo makan ikan.

Bupati juga mengapresiasi kinerja anggota DPR RI sekaligus Kementrian Kelautan dalam mengalakkan agenda safari gemar makan ikan di Kabupaten Bojonegoro, tentunya melalui safari gemarikan (gemar makan ikan) akan mencegah angka stunting di Kabupaten Bojonegoro.

Farida Hidayati, anggota DPR RI Komisi IV fraksi PKB, mengatakan, ini merupakan salah satu program dari Pemerintah Pusat yang mana sebagai salah satu upaya pengalakkan sekaligus pencegahan stunting.”Yang mana safari gemarikan ini melibatkan para Ibu-ibu sebagai komponen utama pencegahan stunting pada balita sejak dini. Sekaligus mengedukasi kepada Ibu hamil,.

Senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, mengatakan ada 12 kabupaten maupun kota masuk dalam daftar stunting salah satunya Kabupaten Bojonegoro. Dengan adanya permasalahan gizi, maka akan mengatasi melalui gemar makan ikan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

“Ada 12 Kabupaten maupun Kota dengan angka kerawanan stunting, termasuk Bojonegoro. Melalui safari gemar makan ikan ini sabagai salah satu upaya pencegahan stunting, sosialiasi gemar makan ikan di 12 Kabupaten dan Kota ini target sasaran utama yakni pondok pesantren (ponpes) terutama di daerah rawan stunting. Serta memberikan edukasi baik kepada ibu rumah tangga maupun kepada ibu hamil terkait pola asumsi gizi. Sekaligus pemberdayaan budidaya yang akan diberikan kepada desa rawan stunting sebagai salah satu upaya penurunan stunting di wilayah Provinsi Jawa Timur.Usai pemberian sambutan, agenda safari gemarikan dilanjutkan dengan pembagian ikan kepada seluruh tamu undangan yang hadir serta penyerahan santunan kepada para pedagang oleh anggota DPR RI Komisi IV fraksi PKB sekaligus dilanjut oleh Kepala Dinas Kelautan Provinsi Jawa Timur. @di

Post Author: gksbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*