Dewan Nilai Proyek Peningkatan Jalan Sumberrejo-Kanor Dikerjakan Ngawur

Proyek peningkatan jalan yang menghubungan Kecamatan Sumberrejo-Kanor disorot DPRD Kabupaten Bojonegoro. Dewan menilai, pengerjaan proyek beton rigid tersebut perencanannya asal-asalan.

Ahmad Shofiyuddin Anggota Komisi D DPRD Bojonegoro,  mengatakan, proyek peningkatan jalan yang menghubungkan Kecamatan Sumberrejo-Kanor itu menelan anggaran sekira Rp 9,5 miliar dari APBD Bojonegoro tahun 2020. Saat dewan melakukan sidak (inspeksi mendadak) ada beberapa temuan pengerjaan yang tidak beres.

Pembangunan jalan itu tidak menggunakan strous (pondasi jalan). Padahal ini pekerjaan beton rigid beton, pekerjaan yang lain saja yang menggunakan strous itu rawan ambrol, la ini malah tidak pakai. Saya menilai perencanaan dari dinas kurang tepat dan asal-asalan,” terang Gus Shofi, sapaan akrabnya.

Temuan lainnya, kata Gus Shofi, ada pengurangan spesifikasi bahan bangunan yang dilakukan pelaksana proyek. Pengurangan spesifikasi bahan itu selain melanggar aturan, juga akan membuat kualitas bangunan jalan menurun.Untuk menindaklanjutinya, Komisi D DPRD Bojonegoro bakal mengagendakan hearing (rapat dengar pendapat) dengan Dinas PU Bina Marga Bojonegoro, konsultas pengawasa, konsultan perencana hingga pelaksana proyek, yakni PT Gala Karya.@di

Post Author: gksbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*