DPRD apresiasi keberaadan Bumdes di setiap Desa dan akan diterbitkan Raperdanya

Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa menjadi peranan penting dalam kemajuan desa. Harapannya, penguatan kelembagaan BUMDes menjadi kunci desa berdaya, untuk itu perlu mendapat dukungan semua pihak.

Sally Atyasasmi Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bojonegoro, dalam pertemuan dengan 26 ketua BUMDes se-Kecamatan Sumberrejo, serta  Kabid Ketahanan Masyarakat Desa dan Kelurahan (KMD/K), Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Evie Octavi dan Camat Sumberejo.

Sally sangat mengapresiasi BUMDes yang ada, karena secara aktif terus menerus meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan BUMDes. “Mereka mengembangkan potensi, jejaring serta memiliki semangat yang besar untuk terus berkembang. Hal positif ini harus didukung bersama-sama,”, saat ini DPRD Kabupaten Bojonegoro sedang membahas Raperda tentang BUMDes yang kami targetkan rampung tahun ini. Hal tersebut sebagai jawaban dari kegelisahan terhadap payung hukum dan kepastian serta regulasi turunan dari Permendes yang sudah ada.

Sementara Kabid KMD/K, Dinas PMD Bojonegoro, Evie Octavia Marini membenarkan bahwa BUMDes saat ini menjadi hal yang menarik secara nasional.  Dengan dukungan pihak DPRD, Dinas PMD sangat terbantu untuk pendampingan kepada BUMDes.
“Setelah 2019 Pemkab Bojonegoro mengalokasikan anggaran kepada BUMDes dengan sektor Agrobisnis dan Wisata,  saat ini Ibu Bupati menghendaki sektor pangan. Kedepan BUMDes harus mampu membeli hasil panen dari petani” dan saat ini juga sudah ada pendamping Bumdes yang diterjunkan untuk memberikan pendampingan ke pengurus Bumdes di Bojonegoro. @di

Post Author: gksbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*