Masihkah “Lambang ini menempel di dinding rumah?”

Pancasila dasar Negara Indonesia

Radiosbifm.com Bangsa Indonesia merayakan hari lahirnya Pancasila pada hari ini, Kamis (1/5/2017). Ada yang mengikuti upacara karena tugas Dinas, atau sekolah. Banyak pula yang memposting status dengan hastag #sayapancasila #haripancasila #sayaIndonesiaSayaPancasila semua serasa bekobar semangat. Bahkan Pengalaman mereka waktu kecil mengikuti Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4)pun ditulis lengkap dengan butir-butir Pancasila. Hingga viral diMedia sosial sampai ratusan, ribuan mungkin Jutaan.

Keadaan yang menggelora seperti ini bila dipupuk setiap hari, pastilah akan berdampak positif bagi kehidupan berbangsa, cinta tanah air dan bela Negara. Dan akan menguatkan pegangan hidup kita bak Garuda mencengkram Semboyan “Bhineka tunggal Ika”.

Bila dulu sebagai cinta tanah air lambang negara diwujudkan dengan memasang didinding rumah, kini apakah masih ada? Masihkah setiap jelang liburan panjang mengelap Garuda dari cetakan perunggu, atau foto senyum Presiden dan Wakil Presiden dibersihkan dengan lap kain bersih? Tidak ada jawaban, kini pengakuan cinta Tanah Air cukup didunia maya.

Pancasila muncul ternyata sebelumnya melalui proses panjang. Dari rumusan Dasar Negara 1 Juni 1945 sampai 22 Juni 1945 Piagam Jakarta, dan terakhir pidato Bung Karno 18 Agustus 1945 Bahwa Dasar Negara Indonesia bukanlah Pancadarma tetapi Pancasila.

Menilik bahasa yang dipergunakan penyebutan lambang Negara dengan Sansakerta, Panca berarti lima dan sila berarti prinsip. Bicara Prinsip sudah tidak ada kata lain untuk bernegosiasi, karena ini pegangan hidup bagi Warga Negaranya. Selamat hari lahir Pancasila, #sayaPancasila #saya IndonesiaSayaPancasila. (Iwan)

Post Author: gksbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*